Saturday 27 December 2014

[FYI] September 1752, Ketika Dirimu Sudah Tak Sama Lagi

Halo semua! Analogman kembali lagi dengan berita unik dan "menegangkan".


Mungkin lo belom tau bro, kalo pada bulan September 1752 itu isinya cuma ada 19 hari. Yap cuma 19 hari! Sebenernya sih gue juga baru tau beberapa jam tadi.

Jadi tuh ya, bulan September tahun 1752 itu kurang 11 hari dibandingkan bulan lainnya. Gak percaya? Boleh diliat di komputer atau hape. Oh sebaiknya kalo mau liat, komputernya yang OS selain Windows dan hapenya jangan yang android. Karena kalender OS Windows paling lama tuh tahun 1900 dan kalender android paling lama tahun 1902.

Kenapa bisa gini? Kira2 apa yang terjadi pada waktu itu ya? Bisa dibilang ini adalah abad yang hilang. Loh, kok jadi mirip cerita One Piece? Wah, jangan2 Eiichiro Oda bikin komik dari ide ini ya.
Hmm ya ya bisa jadi bisa jadi. Kalo bener doi sampai bikin penelitian begitu, berarti Oda-sensei pengarang yang bener2 #BeraniBeda #AntiMainstream! Wah gue demen tuh gayanya!

Uhum, tapi sebenernya sih ini bukan abad yang hilang kok. Berdasarkan komentar dari salah satu account facebook, sistem tanggalan gini karena adanya pergantian sistem kalender kerajaan Inggris dari sistem Julian ke Gregorian.

Spoiler for kutipan:

Setelah gue teliti lagi, ternyata emang bener begitu keadaannya. Menurut Jogja Review, pergantian sistem kalender itu dilakukan karena sistem kalender Julian dianggap terlalu maju sebelas hari dari penghitungan gerak revolusi matahari sehingga sistem pemerintah di wilayah-wilayah jajahan menjadi kacau. Yaelah ujung2nya penjajahan juga.
By the way, sistem kalender Julian diciptakan oleh Julius Caesar dan astronom dari Alexandria bernama Sosigenes.

Tapi kalo cuma satu pengesahan kurang afdhol bro. Satu sumber lagi mengatakan kalo pernyataan dari Jogja Review dan si Mehmet benar adanya. Menurut sumber tersebut, sistem kalender Julian masih ada pergeseran waktu yang cukup bahaya buat pergantian musim. Karenanya Paus Gregorius XIII ngebuat komisi pemberantasan korupsi perbaikan kalender. Setelah banyak masalah dan pensosialisasian, sistem dari Paus Gregorius XIII akhirnya diterapkan pada 2 September 1752 dan (entah kenapa, belom gue teliti lagi, ngantuk :v) hari berikutnya adalah 14 September 1752. Jadi sistem kalender yang ada sekarang itu pakai sistem kalender dari Paus Gregorius XIII, disebut juga sistem kalender Gregorian.

Gimana ceritanya, anak-anak? Seru kan~? Iyaaa bu guluuuu~
Yaap begitulah cerita tentang kalender Masehi. Prosesnya banyak dan ribet. Kebetulan 4 hari lagi tahun 2014 udah mau selesai. Waah bener2 kebetulan yang gak disangka2 ya. Kebetulan palamu peyang! Ini emang sengaja postingnya gara2 mau pergantian tahun Masehi kok.

Sampai jumpa di info unik dan menarik berikutnya!

Spoiler for p.s:
Kalo pendapat gue pribadi sih masih lebih nyaman kalender Hijriah. Sistemnya gak pake ribet, gak pake perubahan dari mulai Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah sampe akhir zaman.
O iya, pembaca yang bijak, baik hati dan tidak sombong, serta ganteng/cantik selalu meninggalkan komentar, walaupun hanya seutas "nice info gan". (Itung2 upah gitu loh bro susah tau nyari info unik begini beserta pengesahan barang bukti faktanya. )
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Jangan ngajakin berantem, apalagi sok2an bawa pasukan demi berantem di komentar ^_^
Your comment will help me make better article for this blog :)