Thursday 30 April 2015

[FYI] Perjalanan Memperpanjang Surat Izin Mencari Cinta (SIM C)

Halo bro! Terima kasih udah dateng ke artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat lo bro
Artikel ini terdiri dari dua bagian, yaitu cerita yang lumayan panjang layaknya novel dan inti dari artikel ini. Kalo mau langsung ke intinya, silahkan pencet ctrl+F di keyboard kemudian ketik: Chapter 4. Selamat membaca!


Chapter 1: Prolog

Ceritanya gini bro. Beberapa hari lalu gue kena tilang di daerah Cawang. Seperti klise basi yang udah banyak diketahui orang, pak polisi ngalangin jalan dan nyamperin sambil berkata, “Boleh liat SIM-nya mas?”. Duh mampus lah SIM gue udah kadaluarsa. Pasrah terima nasib aja deh kalo gini. Tilang ya sok lah tilang paling cuman gocap (lima puluh ribu rupiah). Daripada nyogok polisinya mending gue kasih ke kas Negara. Itu polisinya juga ada dua biji bisa rugi bandar gue kalo seorang minta cepek (seratus ribu rupiah).

Dalem hati gue mikir, ya Allah tega banget dikau ngasih hamba tilangan gini. Saya udah jomblo kok masih dikuras juga duit hamba. Yaa tapi gue anggap dan niatin aja tilangan ini untuk sedekah. Semoga dengan tilangan ini rezeki dan jodoh gue akan makin lancar. Aamiin. Yah lagipula dengan tilang ini, gue udah diingatkan untuk memperpanjang SIM. Kalo kaga, mungkin bisa bertahun2 gue males memperpanjangnya. Mungkin itu juga hikmah tersendiri. Ngoahahaha

Pak polisi tadi langsung ngeluarin buku kematiannya (buku surat tilang macem nota pembayaran yang ada karbon kopinya dan bisa disobek gitu) terus bilang kalo SIM gue harus diperpanjang dan dengan ini harus kena tilang karena ngebawa SIM kadaluarsa sambil nunjukin pasalnya yang tertulis di halaman belakang buku itu. Kemudian gue baca dulu dengan seksama. Wogh gile denda maksimal Rp 250.000 coy! Tapi itu ada kata maksimalnya kan? Yowes lah palingan juga kena gocap. Tega banget masa udah jadi mahasiswa miskin, akhir bulan, jomblo, hidup lagi! masa dikenainnya denda maksimal sih.. Setelah bilang kalo gue harus ditilang, doi nanyain mau ambil sendiri atau diwakilkan. Gue pikir, karena jomblo jadi banyak waktu luang ya mendingan ambil sendiri ajalah. Gue yakin lo pasti udah sering baca tentang surat merah – surat biru bro. Tapi sekarang lain. Suratnya pak polisi emang ada dua, tapi suratnya yang merah untuk ngambil sendiri dan surat biru untuk ngambil diwakilkan. Itu juga tertulis kok di surat tilangnya…
Spoiler for foto surat tilang:

Setelah pak polisi nulis2, gue disuruh tanda tangan. Sebenernya sih males banget ngasih tanda tangan. Mending kalo artis ngasih tanda tangan ke fans, lah ini tanda tangan buat surat tilang kalo kata orang…

Chapter 2: Menjadi Seorang Hunter

Okeh karena udah kepanjangan ceritanya, kita langsung aja skip ke bagian memperpanjang SIM. Pertama, gue browsing dulu di google jadwal dan lokasi memperpanjang SIM keliling karena belom lama ini deket rumah gue liat ada mobil polisi bertuliskan “Layanan Perpanjang SIM Keliling”. Nah gue sampe di web Bekasi Urban City. Di situ ditulis kalo jadwalnya hari kamis. Wah berarti tanggal 30 terakhir dong? Selain itu syaratnya harus bawa fotokopi KTP 3 lembar, bawa SIM asli yang udah kadaluarsa, dan batas kadaluarsa SIM kurang dari setahun.

Kedua, gue browsing lagi biayanya berapa dan akhirnya gue nyangkut ke regional kompas. Di situ ditulis untuk memperpanjang SIM C dikenakan biaya Rp 75.000 dan biaya asuransi (gak wajib) Rp 30.000.

Ketiga, cara memperpanjang SIM di Polres Kota Bekasi. Just in case… Karena ya bro, berdasarkan pengalaman kalo layanan2 pemerintah gitu walaupun masih di bulan yang sama tapi kalo udah di tanggal terakhir pasti layanannya bakal hilang alias gak dateng ke lokasi yang seharusnya. Akhirnya gue nyangkut di blog orang. Wah cara yang dia tulis lumayan lengkap. Skip skip skip skip terus di situ gue baca kalo prosesnya cuman sebentar. Yaelaahhh berarti gak masalah juga walaupun layanan perpanjang SIM keliling gak dateng. Untungnya Polres Kota Bekasi juga deket dari rumah. Palingan setengah jam nyampe. Di situ juga ditulis syaratnya harus bawa fotokopi KTP dan SIM kadaluarsa, SIM kadaluarsa yang asli, dan duit secukupnya. Terus di situ ditulis biayanya Rp 30.000 untuk asuransi, Rp 25.000 untuk pemeriksaan kesehatan, dan pembayaran Rp 75.000. Tapi ada hal yang gue notice di situ adalah saat pembayaran ada calonya! Langkah berikutnya ngisi formulir. Terakhir tinggal foto dan tunggu 15 menit dan pop mie siap disajikan. Jadi total biaya yang dibutuhkan Rp 130.000 dan total waktu untuk mengurus adalah 30 menit.

Okeh I got it. Duit udah tersedia. Fotokopi udah lengkap. Sekarang tinggal nunggu tanggal mainnya aja.

Chapter 3: Bertarung!

Alkisah, hari ini tanggal mainnya. Jam 11 pagi kurang berapa menit gitu gue cek dulu ke tempat yang dimaksud oleh Bekasi Urban City. Kenapa jam 11 pagi kurang berapa menit gitu? Karena katanya jadwalnya jam 10 pagi sampe jam 1 siang, jadi itu waktu tengah2 dan pas untuk memastikan ada-tidaknya layanan tersebut. Gile strategic banget sih gue. Ngoahahaha Aaandd you know what? Sesuai perkiraan, ternyata layanannya kaga ada! Untung aja yang begini udah diperkirakan. Yah sembari lewat ya ngambil duit aja dulu ke ATM. Terus langsung cabs ke Polres Kota Bekasi. Sekali jalan, beres semua urusan. Ngoahahaha

Kemudian sesampainya di sana sekitar jam 12 siang, gue cari parkiran motor. Nah pas parkir itu ada calo yang nanyain, “Mau bikin SIM ya mas?” Terus gue bilang, “Ngeperpanjang…” Lalu dia nawarin, “Mau dibantuin gak? 5 menit selesai”. Tapi berdasarkan kisah yang sering gue baca di internet, tariff calo akan lebih mahal maka gue menolak tawaran tersebut dan berlalu ke Polres. Sesampainya gue di gedung Polres, gue langsung tanya ke pak pol yang sedang bertugas, “Pak saya mau memperpanjang SIM.. Tempatnya di mana ya?” dan gue disuruh muter ke belakang gedung buat disuruh tes kesehatan mata dulu. Sembari jalan banyak banget spanduk gede2 dipajang yang bertuliskan:
Tarif Resmi Mengurus SIM:
  • Perpanjang SIM B         :    Rp 80.000
  • Perpanjang SIM C          :    Rp 75.000
  • Pembuatan SIM C baru     :    Rp 100.000
Lebih baik anda mengurus sendiri karena data yang diberikan akan lebih akurat serta tariff lebih terjangkau dan sesuai

Setelah berjalan beberapa menit, tibalah gue di tempat tes kesehatan mata (walaupun sempet nyasar juga ). Di sana lagi2 ada calo yang nawarin. Karena iseng dan kebetulan kisah perjalanan ini (cie elah “kisah”… sok bet cihuy lu! :v) akan gue tulis selengkap mungkin di blog, maka gue tanyain, “Berapa kalo dibantuin gitu pak?” Kemudian doi jawab, “Dua ratus tiga puluh, dek. Ya beda lima puluh ribu”. Wogh gile dia minta Rp 230.000 coy! Beda gocap pale lu peyang! Itu udah beda seratus ribu woy!!! Tega banget lu malakin mahasiswa miskin di akhir bulan!! Woakshajdksb ohok ohok *keselek*.
Sambil berlalu ke gedung pemeriksaan kesehatan mata gue menolaknya sambil ngasih senyum tipis, “Gak deh pak, makasih

Di dalem gedung sepi coy!!! Sepi banget sumpah kaga ada antrian dikit juga!! Kemudian gue langsung masuk ke ruang pemeriksaan, nyerahin fotokopi KTP selembar, dan disuruh bayar Rp 25.000. Pas disuruh bayar gue nanya dengan polosnya, “Bayarnya langsung di sini ya bu?”. Dengan tatapan kasian ibu itu menjawab dengan nada gak sabaran, “Iya dong mas. Mau di mana lagi?”. Setelah bayar, gue langsung disuruh ke meja di pojok ruangan kemudian tes mata layaknya di dokter2 mata atau toko kacamata.

Selesai tes mata, gue langsung ke gedung tempat memperpanjang SIM. Di dalem gue eksplorasi dulu loket2nya supaya gak salah. Hmm loket perpanjang SIM, buat SIM baru, dan penyerahan formulir ada di kiri. Loket pembayaran ada di tengah (wah ternyata gak harus di bank BRI ya). Loket asuransi ada di kanan. Karena sebelum ke sini gue udah baca tata caranya, jadi pertama yang gue samperin adalah loket pembayaran. Jam pun masih menunjukkan jam ½ 1 siang.

Di loket pembayaran gue ditanya, “Mau memperpanjang atau bikin baru” Kemudian gue jawab, “Memperpanjang”. memperpanjang apa dulu nih? :v Lalu ditanyain lagi, “Jenis SIM yang mau diperpanjang apa?” dan gue jawab, “SIM C mba…” tapi sebenernya aku ingin membuat Surat Izin untuk Mencari Cintamu Kemudian doi nyuruh untuk nyerahin surat keterangan kesehatan mata yang tadi jangankan surat keterangan, beribu2 surat cinta pasti kukasih untuk mba!, fotokopi KTP selembar, serta SIM asli kemudian bayar sesuai spanduk, yaitu Rp 75.000. Kemudian gue disuruh untuk membayar asuransi. Lagi2 gue bertanya dengan polosnya, “Itu wajib ya?”. Kemudian mba2 penjaga loket menjawab dengan nada agak malu sambil menyerahkan kwitansi, surat keterangan kesehatan mata, dan ngembaliin SIM asli tadi, “Untuk kelengkapan aja sih…”. Wah berarti boleh diskip dong? Uhum karena gue udah niatin bawa duit sesuai ama yang tertulis di sini, maka gue bayar aja Rp 30.000 di loket asuransi tapi dengan niatan untuk investasi.

Setelah selesai bayar asuransi, penjaga loket nyuruh gue untuk ke loket perpanjang SIM untuk ngisi formulir. Gue ke loket dan nyerahin kwitansi, fotokopi KTP selembar, dan tanda bukti pembayaran asuransi. Terus bapak2 berpakaian polisi yang jagain loket itu nanya dengan suara sangat pelan, “SIM aslinya?”. Mungkin maksudnya SIM asli harus diserahin juga. Karena kurang jelas gue nanya, “Kenapa pak?”. Nah di sini yang bikin gue bête. Udah suaranya kecil, nadanya kaga enak, ditambah dia malah ngasih tatapan jengkel sebagai ganti ngejawab pertanyaan gue itu. Khamfret bener dah. Mungkin dia lapar . Yaudah gue serahin aja deh SIM asli sambil belom ngelepasin bongkok ngeliatin dia tadi dengan, lagi2, nada dan suara polos. Dia cekrek2 bentar dan nyerahin formulir. Karena baru pertama kali ngurus perpanjangan SIM, sebenernya sih bingung bagian mana aja yang harus diisi. Tapi gue urungkan niat gue untuk bertanya karena udah diperlakukan begitu. Toh gue gak bego2 amat buat ngisi formulir doang.
Spoiler for penampakan formulir:
 
Sembari ngisi formulir, ternyata di sebelah gue lagi ngisi formulir juga. Ya kebetulan banget jadi tak tanyain ke dia aja. Wah makasih banget loh mas. Maaf kelupaan bilang makasih tadi .

Pengisian formulir selesai. Saatnya ke loket penyerahan formulir. Di loket ini gue nyerahin formulir beserta kwitansi pembayaran dan tanda bukti pembayaran asuransi. Penjaga loket yang ini lumayan ramah tapi masih dingin. Dia terima semua berkas itu dan ngembaliin tanda bukti pembayaran asuransi. Katanya, “Simpen aja”. Lagi2 gue berkata dengan muka dan nada polos, “Ooh oke”, entahlah refleks konyol macam apa ini?

Selesai itu, gue duduk di bangku selama sekitar 10 menit. Eh tapi karena udah kelamaan dan ngeliat banyak orang maen nyelonong aja ke ruang foto, kirain nunggu dipanggil dulu buat difoto gak taunya langsung masuk aja toh. Masya Allah kok gak dibilangin apa2 sih

Karena ruang fotonya jadi satu ama Musalla, jadi gue pikir pasti ada ruang wudhu dan cermin untuk rapih2. Ya gue intip ruang wudhu itu dan dipanggilin ama mas2 yang jaga, “Mas sini lah. Itu ruang wudhu” . Anehnya kok gue gak malu ya? Mas2 yang manggil tadi nanyain, “Ada perubahan data gak? Misalnya nama atau apa?” dan gue jawab, “Oh ada paling nama. Itu ada yang salah ketik”. Dia cek fotokopi KTP, mungkin untuk mastiin, dan ngeganti di kolom bagian nama. Dia nanya lagi, “Ada lagi?” kemudian gue jawab, “Kayanya itu aja..”

Setelah mas2 itu selesai ngetik, dia ngasih ancang2 untuk ngambil foto. Untung gue sadar, kalo kaga berantakan lah itu foto dan gue gak bisa pamerin kegantengan gue deh di SIM. Sontak gue langsung bilang, “Tunggu, boleh rapih2 dulu gak sebentar?”. Dia bilang, “Oh yaudah. Cermin ada di sebelah kanan pintu masuk tuh”. Pas lagi rapih2, gue ketemu lagi ama mas2 yang bantuin ngisi formulir tadi dan lagi2 gue lupa bilang makasih. Yaampun..

Setelah itu gue balik ke ruangan tadi. Mas2 yang tadi nanya sambil ketawa, “Udah selesai? Gak sekalian mandi dulu?”. Gue gak jawab dan ngegantinya dengan senyuman kecil. Ya Allah kenapa kok gini banget ya malunya memperpanjang SIM dari tadi. Kemudian gue duduk.

“Yak siap ya. Satu.. dua.. loh kok miring ya?” katanya sembari nanya ke polisi di sebelahnya.

Mungkin maksudnya posisi kepala gue miring. Ya wajar karena saat itu udah gugup banget jadi kepala gemeteran liat kamera walaupun masih dipaksain senyum. Gue coba paksain lurusin kepala dan nahan gemeteran, walau masih gemeteran dikit karena grogi yang gak kunjung hilang. Sementara sibuk dengan nahan gemeteran mas2 itu bilang, “Udah selesai. Sekarang tempelin jempol kanan dan kiri”. Cluk cluk, jempol pun ditempel bergantian. “Oke tanda tangan di situ,” katanya sambil nunjuk touch-pad atau apalah ini namanya yang ada pulpen khususnya. Setelah ngasih tanda tangan dia bilang, “Sekali lagi”. Tanda tangan pun gue berikan sekali lagi di touch-pad itu.

Setelah selesai semuanya mas2 itu bilang, “Silahkan tunggu di luar ya nanti dipanggil”. Gue iyain aja biar cepet. Lagian ngapain lama2 di ruangan ini. Udah terlalu malu…

Gue duduk nunggu di ruangan loket2 tadi sambil kembali mengeksplorasi. Ada banner “Wifi-id corner”. Wah ada Wifi gratisan nih di sini. Lumayan bisa maen Love Live sebentar. Toh waktu juga masih nunjuk jam 1 siang kurang beberapa menit. Belom selesai proses loading Love Live, eh udah dipanggil aja dan akhirnya gue mendapatkan SIM baru yang berlaku sampai tahun 2020! Horeee~~ Gue liat lagi dan ternyata waktu masih nunjuk jam 1 siang lebih 1 atau 2 atau 3 menit itu? Gak jelas. Yah tapi sabodo teuing! Bukan urusan aing! 

Secepat mungkin gue balik ke parkiran motor, bayar Rp 2.000 dan langsung cabut ke rumah. Jadi, total pengeluaran untuk ini semua adalah Rp 2.000 untuk fotokopi KTP&SIM masing2 4 lembar + Rp 25.000 biaya pemeriksaan kesehatan mata + Rp 75.000 biaya memperpanjang SIM + Rp 30.000 biaya asuransi + Rp 2.000 biaya parkir. Grand total = Rp 134.000. Lebih hemat Rp 96.000 dari yang ditawarin calo! Also, total waktu yang kepake untuk ini semua adalah sekitar 1 ½ jam dengan rincian 1 jam perjalanan pulang-pergi dan sekitar ½ jam proses di Polres.

Belakangan pas nyampe rumah dan liat SIM baru, gue baru sadar kalo polisi di samping mas2 di ruang foto itu ternyata Kapolresta Bekasi Kota saat ini karena tanda tangannya keliatan baru dan kayanya dibuat dengan cara tanda tangan di touch-pad itu juga.
Spoiler for horee SIM baru \(^▽^)/:

Demikianlah kisah perjalanan gue untuk memperpanjang Surat Izin Mencari Cinta (SIM C). Semoga dengan ini perjalanan untuk mencari cinta sejati bisa lebih berkah sehingga berhasil keluar dari era kejombloan. Aamiin . Terima kasih udah membaca

Chapter 4: Epilog

Jadi singkatnya, yang dibutuhin untuk memperpanjang SIM adalah:
  1. Fotokopi KTP 3 lembar. Bawa aja 4 lembar buat cadangan…
  2. Fotokopi SIM 1 lembar
  3. SIM asli
  4. Duit Rp 130.000. Tapi kalo mau skip biaya asuransi sih jadi Rp 100.000
  5. Duit bayar parkir atau ongkos angkot
  6. Mental yang kuat
  7. Keteguhan iman
Total waktu yang dipakai untuk proses perpanjangan di Polres adalah sekitar 30 menit.
Hal yang minus dari memperpanjang SIM di Polres adalah pelayanannya yang kurang ramah. Semestinya mereka memberikan layanan dengan ramah dan nada bicara yang bersahabat, terutama untuk orang yang baru pertama kali memperpanjang SIM.

Sekian info dari gue. Semoga bermanfaat untuk lo ya bro
Sampai jumpa di artikel berikutnya! Jangan segan untuk memberikan komentar ya!
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Jangan ngajakin berantem, apalagi sok2an bawa pasukan demi berantem di komentar ^_^
Your comment will help me make better article for this blog :)